Dorong Publikasi Internasional berkualitas, Ristekdikti Gandeng Pakar dari UK

Surabaya – Setiap negara berlomba – lomba untuk menghasilkan inovasi yang memberi dampak bagi kehidupan warga negaranya. Dari sebuah publikasi di jurnal, Inovasi dapat lahir. Publikasi di negara berkembang terus didorong untuk berada pada jurnal kelas atas yang notabene menjadi salah satu tolak ukur persaingan antar bangsa dalam bidang riset.

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi terus berupaya mendorong kualitas hasil penelitian agar bermanfaat bagi kesejahteraan bangsa. Selain menyediakan dukungan finansial, Ristekdikti melalui Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan (Ditjen Risbang) juga mendorong secara teknis dalam pengingkatan kualitas penelitian, salah satunya Publikasi. Dibawah kolaborasi Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Inggris dalam UK – Indonesia Science & Technology Fund, Kemenristekdikti bersama British Council dan Newton Fund mengadakan Workshop “How to Write International Quality Publications” yang diselenggarakan atas kerja sama dengan Universitas Surabaya (1/03).

“Kita tahu, bahwa tidaklah mudah membuat publikasi bertaraf internasional, perlu semangat dan kegigihan. Namun dengan adanya kegiatan ini, kami berharap para peserta mendapatkan tips dan trik dari para narasumber agar dapat meningkatkan kualitas publikasinya” – ujar Prof Joniarto Parung Rektor Universitas Surabaya.

Dalam kesempatan yang sama Prof Ocky Karna Radjasa – Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat menjelaskan latar belakang dari mengapa pentingnya acara ini digelar.

“Indonesia mempunya kurang lebih 278.000 dosen tersebar pada sekitar 3250 pendidikan tinggi, selain itu salah satu Key Performance Indicator Ristekdikti adalah Hak Kekayaan Intelektual dimana salah satunya adalah publikasi. Dengan kegiatan seperti ini kami berharap publikasi Indonesia bisa terus melesat dan berkualitas” – Jelas Ocky.

Kegiatan ini menghadirkan para pakar internasional dibidang linguistik terapan dan bahasa inggris seperti Prof. Sheena Gardner & Prof. Hilary Nesi dari Universitas Coventry serta Prof Suminar Pratapa dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember untuk berbagi pengalaman dan memberikan kiat – kiat untuk menerbitkan artikel di jurnal internasional. Seperti memilih jurnal terbaik yang sesuai untuk masing – masing penelitian, menulis artikel berkualitas tinggi, apa yang harus diwaspadai dalam proses pengajuan, peer review dan revisi yang mengarah ke publikasi yang sukses.

Didalam kelas paralel, 30 peneliti yang berpengalaman akan berkelompok sesuai dengan area fokus penelitian masing – masing dan diberi kesempatan untuk menjabarkan penelitian serta diberi bimbing untuk fokus menyelesaikan penulisan.

Kami berharap Lokakarya ini selaras dengan upaya strategis pemerintah dalam meningkatkan penelitian dan publikasi yang berkualitas, dan pengajaran yang berkualitas. Tentunya diharapkan pula artikel berkualitas tinggi yang dihasilkan dari pelatihan ini akan mendapatkan lebih banyak kutipan internasional.– Tutup Ocky.

 

Bagian Hukum, Kerja Sama dan Layanan Informasi
Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *