FGD Pelaksanaan Kerjasama Peneliti Asing dan Output/Outcome

8 November 2016, Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual bersama Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan FGD mengenai Pelaksanaan Kerjasama Peneliti Asing dan Output/Outcome di Fakultas Ilmu Budaya UGM.

Acara yang disambut oleh wakil dekan fakuktas Ilmu Budaya bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Kerjasama, Dr.Daud Aris Tanudirjo, MA ini dihadiri oleh 22 peserta terdiri dari para counterpart penelitiasing, kantor urusan international UGM, serta perwakilan dari tim TKPIPA-Dr. Sri Sunarti Purwaningsih, Kapuslit Penelitian Kemasyarakatan dan Kebudayaan LIPI.

Acara dilanjutkan dengan paparan Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Dr.Sadjuga yang menekankan bahwa kerjasama dengan peneliti asing harus menghasilkan capacity building bagi Indonesia seperti menghasilkan joint publication dan counterpart Indonesia menjadi Co Author/First Author. Mitra jangan hanya jadi syarat agar izin penelitian disetujui saja, tetapi harus bisa mendampingi kelapangan. Counterpart harus menjadi kepanjangantangan tim TKPIPA untuk menjaga sumber daya alam Indonesia, jangan sampai terjadi pencurian untuk kepentingan Asing. Perlu adanya pengecekan terhadap MoU dan MTA dari kerjasama dengan peneliti asing.

Diharapkan dengan adanya acara seperti ini menambah pemahaman para pelaku kerjasama penelitian dalam proses kerjasama khususnya dengan pihak asing. Pada kegiatan ini juga dilakukan pengecekan terhadap hasil publikasi internasional yang telah dihasilkan dari kerjasama pihak UGM dengan peneliti asing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *