Kemenristek/ BRIN launching Alkes produk Dalam Negeri hasil karya anak bangsa

Kemandirian alat kesehatan sudah merupakan keniscayaan bagi suatu bangsa. Di Indonesia, penelitian dan pengembangan alat kesehatan mulai tumbuh dengan baik. Kemenristek melalui insentif riset dan pengembangannya terus mendorong pengembangan alat kesehatan agar tumbuh dan digunakan. Salah satu penerima Insentif tersebut adalah Telkom University  dan ITS. Pada 16 Desember 2019, bertempat di RS Syaiful Anwar, Kemenristek/ BRIN bersama-sama RS Syaiful Anwar, RS Sumber Glagah, ITS, dan Telkom University melaksanakan launching produk hasil penelitian yang akan digunakan di RS Syaiful Anwar dan RS Sumber Glagah.

Beberapa alat kesehatan yang dilaunching pada kesempatan tersebut, yaitu Arrhythmia Monitoring System, Infinite Arm Hand Prosthetic, Cryptic Leg Prosthesis, dan Endoskopi & Oftalmoskopi Portable.

Dalam sambutannya, Direktur Pengembangan Teknologi Industri Kemenristek/ BRIN, Dr. Eng. Hotmatua Daulay yang mewakili Kemenristek mengatakan bahwa Peneliti di Indonesia sebenarnya mampu untuk membuat berbagai terobosan inovasi, khususnya di bidang kesehatan karena pada era digital atau Revolusi Industri 4.0 dan kemajuan elektronika ini terbuka kesempatan meningkatkan kualitas alat kesehatan menjadi lebih baik dan berdaya guna. Sebagai informasi alkes yang dilaunching adalah alkes yang terkait erat dengan Revolusi Industri 4.0, dapat diakses dari manapun dan dapat digunakan dari mana pun.

Dalam kesempatan tersebut, Kemenristek sangat mengapresiasi RS. Syaiful Anwar dan RS SUmber Glagah yang telah bersedia menggunakan hasil riset anak bangsa, dan juga mengapresiasi PT. Bumandhala dan PT. INTI yang telah bersedia menjadi mitra peneliti untuk memfasilitasi produksi, pemasaran dan distribusi hasil riset. Selain para peneliti terkait, turut hadir dalam acara tersebut Dirut RS Syaiful Anwar, Dirut RS Sumber Glagah, Rektor ITS, Rektor Universitas Telkom, perwakilan PT Bumandhala, dan perwakilan PT. INTI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *