Pemetaan Hasil Riset Perguruan Tinggi dan Sosialisasi Kebijakan Riset dan Pengembangan

Acara Pemetaan Hasil Riset Perguruan Tinggi dan Sosialisasi Kebijakan Riset dan Pengembangan di Universitas Palangka Raya pd tanggal 10 November 2016. Pada acara ini peserta yang hadir antara lain dari Universitas Palangka Raya, Balitbangda Kalimantan Tengah, dan berbagai Perguruan Tinggi yang ada di Kalimantan Tengah baik negeri maupun swasta.

Acara dibuka oleh Prof. Ferdinand selaku Rektor Universitas Palangka Raya. Acara dilanjutkan dengan penyampaian kondisi Riset di Universitas Palangka Raya oleh PR 1 Universitas Palangka Raya yaitu Prof. Nyoman Sudyana. Menurutnya, antusiasme dosen dan peneliti menjadi salah satu faktor yg mempengaruhi tingkat produktivitas riset pada suatu PT. Selain itu, kendala lainnya adalah belum tersampaikannya informasi terkait penyusunan proposal untuk pengajuan dana riset ke pemerintah, khususnya Kemenristekdikti.

Pada sesi berikutnya, Direktur Sistem Riset dan Pengembangan – Ira Nurhayati menyampaikan paparan tentang SBKU dan Rencana Induk Riset Nasional, dimana nantinya dokumen RIRN yang saat ini dalam proses harmonisasi Perpres diharapkan akan menjadi acuan dari Rencana Induk Penelitian pada tiap – tiapPerguruan Tinggi.
Acara dilanjutkan dengan sosialisasi TRL dan UU Paten oleh Pak Juhartono dan Pak Sjaeful Irwan dimana salah satu yg menjadi inti pembahasan adalah tentang bagaimana menentukan hasil riset sudah sampai pada TRL berapa, hal – hal baru pada UU Paten No. 13 tahun 2016, pengelolaan HKI saat ini bagaimana mekanismenya, Data HKI Perguruan Tinggi di Prov. Kalteng, serta paparan PP 45 tahun 2016 tentang PNBP.

Diharapkan kegiatan ini memberikan informasi terkait kebijakan yang di tetapkan secara jelas kepada para stakeholder.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *