Peresmian Pusat Unggulan di Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Untuk mendukung penguatan sistem inovasi nasional setiap institusi berlomba – lomba memberikan kontribusi nyatanya, seperti yang dilakukan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mendirikan beberapa pusat unggulan di lingkungan kampusnya. 21 Oktober 2016 menjadi hari peresmian pusat unggulan tersebut. Pusat unggulan tersebut diantaranya adalah Pusat Unggulan Kelapa, Polimer Hidrogel, Kanker, dan Pusat Pengembangan Multimedia Pembelajaran.

Acara tersebut turut mengundang Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan – Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi sebagai narasumber. Dalam sambutannya, Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan menyampaikan bahwa peresmian 4 pusat unggulan di UMP merupakan hal yang sangat strategis untuk meningkatkan peranan iptek dalam memberikan kontribusi nyata terhadap perekonomian nasional, tidak hanya bagi civitas akademik di UMP, tetapi juga bagi para pengambil keputusan, industri dan stakeholder lainnya yang secara bersama mempunyai semangat tinggi untuk meningkatkan kemampuan penguasaan teknologi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Banyumas – Ir. H. Achmad Husein, Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto – Prof. Syamsuhadi Irsyad, Wakil Sekretaris Majelis Dikti PP Muhammadiyah – Dr. Muh. Samsudin, M.Pd., Koordinator Coconut Genetic Network Bioversity Internasional – Dr. Alexia Prades, jajaran Dekan dan Dosen, serta mahasiswa UMP.

Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan juga mengharapkan agar pihak pengelola memperhatikan unsur-unsur dalam pengembangan Pusat Unggulan Iptek, yaitu kemampuan lembaga untuk menyerap teknologi dari luar, kemampuan mengembangkan kegiatan riset, dan kemampuan mediseminasikan hasil-hasil riset sehingga kemanfaatannya dirasakan oleh masyarakat banyak dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi.

Penguatan kelembagaan iptek merupakan salah satu langkah penting dalam penguatan sistem inovasi nasional agar lembaga riset dapat berkinerja tinggi dengan menghasilkan luaran riset dan pengembangan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas adopsi pengguna teknologi
(masyarakat, industri, dan pemerintah) dengan menjunjung tinggi kejujuran dan integritas sesuai dengan etika penelitian.

Kegiatan Pembentukan Pusat Riset dan Pengembangan Teknologi diharapkan akan menghasilkan Lembaga Litbang yang unggul dari sisi penguasaan iptek karena sesuai dengan tugas dan fungsi lembaga. Di sisi lain juga akan dihasilkan Lembaga Litbang yang unggul ke-inovasiannya karena tugas dan fungsi lembaga untuk mencapai hal yg dimaksud. -mbhbb-

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *