Project Appraisal Group (PAG) Workshop 2019

Negara – negara ASEAN saling bahu membahu untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, hal ini tergambarkan di pertemuan The ASEAN Committee on Science, Technology and Innovation (COSTI) di Bali. Pada pertemuan ke 76 ini Indonesia yang diwakili oleh Ristekdikti ditunjuk sebagai tuan rumah.

Salah satu rangkaian acara ASEAN COSTI adalah Project Appraisal Group (PAG) Workshop, disana para delegasi merumuskan panduan pengusulan proposal. Hal itu disampaikan oleh Chairul Hudaya selaku Delegasi Indonesia / pakar yang ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan (Ditjen Risbang) (25/06).

Dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian 10 negara ASEAN sepakat untuk menginvestasikan dananya untuk kegiatan penelitian anggota ASEAN. Setiap negara menyumbang masing – masing US$1 juta, uang itu dikelola ASEAN Science Technology Innovation Fund (ASTIF). Dana abadi penelitian tersebut akan dikompetisikan dalam 3rd Call for Proposal dalam waktu singkat ini.

“Untuk penyelenggaraan yang baik, Perlu penyusunan panduan proposal sebelum dibuka 3rd Call for Proposal. Panduan sebelumnya belum terlalu rinci dan bias reviewer masih terlalu banyak, pada meeting ini disusun agar membatasi ketidakobjektifan reviewer” – Nada Marsudirini Co-Chair Person PAG.

Chairul melanjutkan bahwa kita perlu mendistribusikan informasi ini seluas-luasnya ke kampus, Badan/Lembaga Penelitian agar peneliti indonesia turut memaksimalkan penggunaan dana penelitian yang telah disediakan. Pendaftaran proposal pada call proposal sebelumnya masih sangatlah rendah. Walaupun tahun lalu kita berhasil memperjuangkan 2 Proposal yang didanai, satu dari LIPI dibidang energi dan BMKG dibidang meteorologi.

“Diharapkan tahun ini pendaftaran proposal semakin meningkat. karena semakin banyak proposal dari Indonesia, besar kemungkinan kita untuk terpilih. Tipsnya, jika peneliti indonesia mengajak member state yang lain kemungkinan untuk diterima lebih besar. ada nilai tambah dalam proposal tersebut” – Tutup Chairul yang juga Dosen Universitas Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *