Sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan No. 106/PMK.02/2016 Tentang Standar Biaya Keluaran Tahun Anggaran 2017

Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan bersama Universitas Jakarta menyelenggarakan sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan No. 106/PMK.02/2016 Tentang Standar Biaya Keluaran Tahun Anggaran 2017.

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Ketua LPPM UNJ yang menjelaskan bahwa dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.106/PMK.2/2016 Tentang Standar Biaya Keluaran Tahun Anggaran 2017 dan ditunjang oleh Permenristekdikti Nomor 69 Tahun 2016 Tentang Pembentukan Komite Penilai Danatau Reviewer Dan Tata Cara Penilaian Pelaksanaan Penelitian adalah sebuah langkah revolusioner dalam pertanggungjawaban keuangan di negeri ini, karena dengan aturan ini maka kegiatan penelitian tidak lagi dinilai dari proses dengan administrasi yang njlimet, tetapi dinilai dari hasil akhir. Secara jujur beliau mengemukakan bahwa dosen dan peneliti sudah sangat direpotkan oleh pertanggungjawaban yang rumit, bahkan jika pertanggungjawaban keuangan sudah selesai maka rasanya seperti sudah menyelesaikan seluruh penelitian. Peraturan ini juga menjadi semangat baru dalam melaksanakan penelitian. Dalam mengikuti peraturan ini LPPM akan merevisi pedoman kegiatan dalam penelitian.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Rektor UNJ – Prof. Dr. Djaali. Beliau juga menyambut positif peraturan ini dan berharap agar dengan keluarnya regulasi baru ini maka energi akan berfokus pada hasil penelitian dan tidak terkunci oleh laporan keuangan. Beliau juga berjanji akan mendorong penelitian dosen di UNJ dengan menyediakan dana penelitian di setiap DIPA satker dan tidak akan ada seorang dosen pun di UNJ yang tidak melakukan penelitian. Rektor mengemukakan bahwa sejak terjadi perubahan status dari IKIP Jakarta menjadi UNJ gairah meneliti para dosen mengalami peningkatan yang signifikan, sebagai bukti adalah jumlah publikasi di jurnal ilmiah internasional jika sebelumnya hanya dibawah 10 per tahun, tetapi sejak 2015 sudah mencapai 176 dan tahun ini ditargetkan 300 publikasi ilmiah internasional.

Rektor juga menjanjikan agar penelitian meningkat maka remunerasi untuk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat akan ditingkatkan nilainya menjadi 40% yang berarti sama dengan 4 SKS., Ujar Prof. Dr. Djaali

Acara ini juga dihadiri oleh Muhammad Dimyati – Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan serta paparan teknis terkait materi disampaikan oleh Langgeng Suwito – Kasubdit

Standar Biaya, Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan dan dilanjutkan oleh Prakoso – Sekretaris Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan.

Target publikasi ilmiah internasional tahun ini adalah 8000 dan posisi sampai saat ini sudah di atas 7000 publikasi, sehingga optimis jumlah itu akan terlampaui. Ujar Dr. Dimyati

Dr. Dimyati juga berharap dengan dikeluarkannya regulasi keuangan untuk kegiatan penelitian ini maka pada tahun 2020 Indonesia akan menjadi juara dalam publikasi internasional di kawasan ASEAN serta Kemenristekdikti melalui LPDP telah mengalokasikan sejumlah anggaran dalam bentuk insentif bagi peneliti dan dosen yang berhasil menulis di jurnal ilmiah internasional dengan jumlah sampai dengan 100 juta.

Melalui kegiatan ini diharapkan gairah para peneliti dalam melakukan penelitian semakin meningkat, sehingga dapat berkontribusi untuk meningkatkan daya saing bangsa melalui output yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *