SIKNO, Cairan Pembersih Tangan Dari Daun Teh Ala Mahasiswa

Berbagai upaya dilakukan untuk mencegah penyakit, salah satunya yang bersumber dari kebersihan tangan yang dapat menyebabkan diare. Namun sayangnya, handsanitizer yang beredar kebanyakan mengandung bahan kimia sintetis.

Melihat permasalahan itu, mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) menciptakan merupakan produk handsanitizer yang berbahan dasar daun teh yang diekstrak menjadi cairan spray. Produk tersebut diberi nama SIKNO (Resik Tresno). Demikian dilansir dari laman UB, baru-baru ini.

Bahan baku dari daun teh mengandung bahan kimia organik dan tidak lengket serta tidakakan menimbulkan efek bahaya pada kulit manusia.

SIKNO handsanitizer sudah diuji pada laboratorium bakteri dan terbukti dapat mengurangi bahkan menghilangkan bakteri yang ada pada tangan. Produk ini menggunakan spray lubang mikro sehingga air dari spray tidak menyebabkan tangan basah dalam waktu yang cukup lama.

Untuk satu botol produk SIKNO handsanitizer dihargai Rp15.000, hal ini disesuaikan dengan harga pokok produksi dan harga yang mampu dijangkau masyarakat luas.

SIKNO pun sudah bisa dibeli di toko kampus, sekolah, apotek, dan swalayan yang ada di Kota Malang dan Batu. Kemudian untuk memperluas jangkauan pasar, pemasaran dari produk SIKNO handsanitizer juga dipasarkan secara online dan delivery order.

Sumber: okezone.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *